7 Sarana yang Bisa Kamu Gunakan untuk Belajar Public Speaking, Wajib Tahu Nih!

By Aris Ginanjar Senin,01 Agu 2022, 10:27:08 WIB | 44 Kali Dilihat Artikel Keterampilan
7 Sarana yang Bisa Kamu Gunakan untuk Belajar Public Speaking, Wajib Tahu Nih!

Public speaking merupakan kemampuan untuk berbicara di depan umum dengan tujuan memberikan informasi dan dapat mempengaruhi pendengar. Mengenai public speaking, kita sebenarnya sudah mempelajarinya sejak masih dibangku sekolah dasar, contohnya saat membaca puisi, cerita dongeng, dll. Walaupun saat itu kita berbicara masih getar-getar, setidaknya sudah ada basic nya.

Semakin beranjak dewasa, kita semakin merasakan pentingnya keterampilan public speaking, sehingga mau tidak mau harus terus diasah kemampuannya. Nah, yang jadi masalah adalah sering kali kita bingung pengen belajar public speaking mulainya dari mana dan tempatnya di mana. Padahal belajar public speaking bisa kita lakukan sendiri kapanpun dan di manapun.

Untuk lebih jelasnya, marilah kita simak bersama mengenai sarana yang bisa digunakan untuk belajar public speaking:

Baca Lainnya :

 

1. Kaca

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu punya kaca dirumah hanya untuk mengecek udah ganteng/cantik doang? Selain berfungsi sebagai sarana merias diri, kaca juga bisa menjadi media untuk belajar public speaking juga loh. Saat di depan kaca, kamu bisa melihat gerak mimik wajah dan gerakan tanganmu saat berbicara. Melalui media kaca ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara.

 

2. Ruang Keluarga

Photo by Catherine Augustin from Pexels

Photo by Catherine Augustin from Pexels via https://www.pexels.com

Saat keluarga sedang berkumpul di ruang keluarga, ini bisa menjadi peluang kamu untuk mengasah skill public speaking. Kamu bisa menceritakan pengalaman, cerita, momen penting, dll. Di akhir pembicaraan kamu bisa meminta keluarga untuk menilai dan memberikan saran serta kritikan agar kemampuan berbicara menjadi lebih baik lagi.

Untuk bagian ini memang banyak cobaan sih, terutama adik yang cengingisan terus dan ketawa mulu

 

3. Berkumpul Bersama Teman

Photo by Helena Lopes from Pexels

Photo by Helena Lopes from Pexels via https://www.pexels.com

Ini dia yang biasa anak muda lakukan, yaitu berkumpul terus nongkrong bersama teman. Saat berkumpul, usahakan jangan bersikap pasif, tetapi aktiflah berbicara sebagai latihan public speaking. Kan kalau nongkrong gitu memang kerjaanya cerita mulu, iya nggak?

 

4. Virtual Meeting

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Keaadan sekarang yang masih pandemi membuat banyak kegiatan harus dilakukan secara virtual. Salah satu bidang yang terkena dampaknya adalah pendidikan.

Baik siswa maupun mahasiswa harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Walaupun begitu, dalam virtual meeting juga bisa kamu manfaatkan untuk melatih keterampilan berbicara, yaitu dengan aktif bertanya dan menjawab.

Tetap berbicara walau sinyal tidak peka

 

5. Organisasi Sekolah

Photo by Kampus Production from Pexels

Photo by Kampus Production from Pexels via https://www.pexels.com

Jika masih dalam lingkungan sekolah, kamu bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, selain untuk mengembangkan minat dan bakat, juga bisa sebagai tempat belajar berbicara di depan umum.

Ketika ada perencanaan mengenai event yang akan dilaksanakan di sekolah, biasanya kan ada rembukan dan pengusulan pendapat. Nah, itu bisa kamu manfaatkan untuk mengeluarkan skill komunikasi yang ada dalam diri kamu.

 

6. Presentasi

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Terakhir yaitu presentasi. Mulai dari smp hingga saat memasuki dunia kerja pasti ada yang namanya presentasi. Tujuannya memang untuk mengetahui keterampilan berbicara kamu tentang penguasaan materi yang dipaparkan dan penjelasan saat presentasi.

Saat presentasi, tampilkanlah poin-poin pentingnya saja, selanjutnya penjelasannya kamu bicarakan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan intonasi yang jelas, setuju?

Nah, itulah beberapa sarana yang bisa kamu gunakan untuk belajar public speaking. Setelah membaca tulisan ini semoga dapat menambah wawasan dan membuat kamu semangat dalam mempelajari ilmu public speaking. Terima kasih!




View all comments

Tulis Komentar


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.