Antisipasi Kenakalan Remaja, MAN 4 Bantul Gelar Penyuluhan Pergaulan Bebas

By Aya Sofya Iklima Kamis,22 Sep 2022, 07:53:02 WIB | 41 Kali Dilihat Berita MAN 4 BANTUL
Antisipasi Kenakalan Remaja, MAN 4 Bantul Gelar Penyuluhan Pergaulan Bebas

Keterangan Gambar : Kegiatan Penyuluhan "Pergaulan Bebas" oleh Ustadz Heriyanda


Bantul (MAN 4 Bantul) – Usia remaja setingkat SMA/MAN atau sederajat, merupakan usia yang termasuk rentan terhadap pergaulan bebas. Hal itu menjadi perhatian bagi MAN 4 Bantul untuk mengadakan penyuluhan yang bertema pergaulan bebas. Peserta penyuluhan yaitu seluruh siswa kelas XI.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh kesiswaan MAN 4 Bantul, bertempat di Aula MAN 4 Bantul pada hari Senin, (19/09/2022).

Kepala Tata Usaha MAN 4 Bantul Ahmad Munajad Aminarto dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada seluruh siswa agar lebih memahami hal-hal yang harus dihindari, seperti lebih selektif dalam bergaul, menjaga perilaku baik di madrasah maupun di rumah. Harapannya siswa MAN 4 Bantul menjadi generasi yang berprestasi, hebat dan bermartabat.

Adapun pembicara kegiatan penyuluhan ini Ustadz Heriyanda Falihtehan, S.Ag Pengasuh Ponpes Al Falah Jabal Selatan Bantul. Dihadapan seluruh siswa kelas XI Ustadz Heriyanda menjelaskan tentang pergaulan bebas, serta tindakan kriminalitas lainnya. “Pintar-pintarlah dalam memilih pergaulan. Jika tidak berhati-hati maka bisa terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas norma masyarakat,” ungkap Ustadz Heriyanda.

Baca Lainnya :

Harapannya dengan kegiatan penyuluhan ini para siswa mampu memahami pentingnya menjauhi pergaulan bebas dan upaya pencegahan pergaulan bebas.

Masih kata Ustadz Heriyanda, “Untuk menghindari pergaulan yang tidak baik maka hal yang penting untuk dilakukan adalah sibukan diri dengan perbuatan yang positif. Misalnya banyak beraktivitas dalam organisasi yang baik dan melakukan hal-hal yang bersifat positif. Dengan menyibukan diri oleh hal-hal yang positif, tentunya akan dapat membuat diri terhindar dari perbuatan yang tidak baik, seperti pergaulan bebas.”

Kegiatan penyuluhan berjalan lancar secara kondusif, seluruh siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh pembicara. Semoga dengan kegiatan penyuluhan ini mampu menjadi bekal seluruh siswa MAN 4 Bantul dalam bersosialisasi dan mampu mencapai tujuan madrasah yaitu meningkatkan fungsi, peran dan kedudukan agama sebagai landasan spiritual, moral dan etika. (sof/ica)




View all comments

Tulis Komentar


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.