Visi dan Misi

By Aris Ginanjar 25 Jan 2022, 09:28:09 WIB | 312 Kali Dilihat

VISI & MISI  MAN 4 BANTUL


A. Visi Madrasah

Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan bagi madrasah dan digunakan untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan kata lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa. Visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh madrasah agar madrasah yang bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.

 

Visi MAN 4 Bantul Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah “Mandiri, Unggul, Terdepan Inovatif, Asri, Ramah dan Agamis” dengan akronim  “MUTIARA”. Terwujudnya lulusan Madrasah yang mandiri, unggul di bidang iman taqwa ( imtaq) dan ilmu teknologi (iptek), berfikir ilmiah dann inovatif, mampu mengamalkan ajaran agama, tekun beribadah, toleransi, dan bertanggung jawab dan ramah dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melestarikan lingkungan yang nyaman.

Visi tersebut memiliki kata kunci (indikator) sebagai berikut :

1. Mandiri

Mampu mengetahui, mengenali dirinya sendiri dan mampu mengembangkan dirinya serta dapar mensejajarkan dengan sekolah/madrasah lain, bahkan lebih tinggi dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sendiri sehingga mampu bersaing dengan sehat didasari keyakinan akan potensi madrasah untuk meningkatkan prestasi madrasah.

2. Unggul

Unggul, adalah kondisi terbaik dalam segala aspek yang menjadikan madrasah menjadi yang tertinggi, Unggul dalam bidang akademik dan non akademik, kompetensi lulusan peserta didik, kompetisi nasional maupun internasional dan manajemen/pengelolaan madrasah.

3. Terdepan

Terdepan adalah kondisi dimana dapat menempatkan madrasah, khususnya MAN 4 Bantul pada posisi paling depan dari semua aspek, baik aspek penguasaan ilmu pengetahuan dan teknonogi (iptek), iman dan taqwa (imtaq), tingkat kelulusan peserta didik, prestasi akademik maupun non akademik, manajemen, pengolahan madrasah maupun dalam pelayanan.

4. Inovatif

Inovatif adalah sesuatu yang baru baik dalam konsep, maupun dalam impelementasi, aplikasi dan metode. Inovatif dalam hal ini adalah peningkatan kualitas, pelayanan dan perubahan/mindset masyarakat terhadap madrasah menjadikan pilihan dan kebanggaan.

5. Asri

Terciptanya lingkungan belajar yang bersih, sehat, nyaman dan menyenangkan dalam kelas maupun di luar kelas, serta lingkungan madrasah yang hijau dengan adanya pohon perindang yang membuat suasana madrasah sejuk dan nyaman.

6. Ramah

Ramah dalam memberikan pelayanan kepada  semua  peserta didik, guru,  pegawai, warga masyarakat dan instansi terkait dengan mewujudkan madrasah ramah anak, dan membudayakan sikap 5S ( senyum, sapa, salam, sopan dan santun ) di lingkungan madrasah.

7. Agamis

Taat menjalankan, menghayati dan mengamalkan  agama Islam dengan penuh keimanan, lingkungan madrasah yang Islami, hidup bertoleransi, dan prestasi dalam bidang keagamaan.


B. Misi Madrasah

Misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional  dari visi.

Adapun Fungsi misi yaitu:

    1. Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan
    2. Sebagai tindakan nyata untuk mewujudkan visi
    3. Merupakan bentuk komitmen dari pihak-pihak yang berkepentingan
    4. Sebagai alat untuk mengarahkan perumusan strategi dan pelaksanaan

Oleh karena itu, misi MAN 4 Bantul  adalah sebagai berikut:

  1. Mencetak lulusan yang beriman, bertakwa, berakhlakul karimah serta memiliki kompetensi  unggul  dan berdaya guna di masyarakat.
  2. Mewujudkan madrasah unggul dalam bidang akademik dan non akademik.
  3. Mewujudkan peserta didik yang unggul dalam kompetisi nasional dan internasional (KSN, KSM, OPSI, Myres, LKTI dan lomba-lomba non akademik).
  4. Mewujudkan manajemen dan pengelolaan madrasah yang mandiri, terdepan, transparan dan terukur sehingga menjadi rujukan bagi sekolah atau madrasah lain.
  5. Mengoptimalkan  program kerjasama dan kemitraan (pondok pesantren dan panti asuhan mitra), perguruan tinggi, maupun instansi pemerintahan tekait.
  6. Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran yang inovatif berdasarkan standar nasional  pendidikan berorientasi pada pendidikan karakter, riset, dan kewirausahaan.
  7. Mewujudkan lingkungan belajar yang bersih, sehat, nyaman dan menyenangkan
  8. Mewujudkan interaksi/tata pergaulan  yang ramah di lingkungan madrasah.