- Khidmat dan Penuh Syukur, MAN 4 Bantul Awali Milad ke-56 dengan Muqaddaman Serempak
- Guru PAI MAN 4 Bantul Sambut Mahasiswa S2 UIN Sunan Kalijaga, Bahas Peran Guru dalam Toleransi Berag
- Momen Menegangkan dan Penuh Haru, MAN 4 Bantul Umumkan Daftar Siswa Eligible SNBP 2025
- Kepala MAN 4 Bantul Isi Motivasi Sukses Karir, Siswa Kelas XII Antusias Meniti Masa Depan
- Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik, Humas MAN 4 Bantul Ikuti Workshop Menulis Berita
- MAN 4 Bantul dan Neutron Jogja Sinergi Optimalkan Persiapan Siswa Menghadapi SNBT
- MAN 4 Bantul Gelar Pengajian Central, Fachri Aditya Gaungkan Tema “Kedamaian Dalam Hidup”
- MAN 4 Bantul Gelar Pengajian Central, Fachri Aditya Gaungkan Tema “Kedamaian Dalam Hidup”
- Peringati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-79, Seluruh Civitas Akademika MAN 4 Bantul Gelar Upac
- MAN 4 Bantul Gelar In House Training, Tingkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan UKBM Online
Ketua Umum PP Muhammadiyah Sampaikan 3 Makna Isra Mi\'raj

Keterangan Gambar : Ketua Umum PP Muhammadiyah Sampaikan 3 Makna Refleksi Isra Mi
YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pada tahun ini kaum muslimin memperingati peristiwa agung Isra Mi’raj pada 27 Rajab 1443 Hijriyah atau bertepatan dengan Senin, 28 Februari 2022. Al-Qur’an sendiri menyampaikan keagungan Isra Mi’raj dalam ayat pertama Surat Al-Isra.
Menyampaikan refleksi Isra Mi’raj, Senin (28/2) Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyebut Isra Mi’raj memiliki nilai inklusif bagi kehidupan kemanusiaan dan semesta yang terjabarkan dalam tiga makna.
Makna pertama, adalah makna kekuasaan. Isra Mi’raj Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga Sidratul Muntaha menurut Haedar mengandung pesan bahwa di atas pencapaian ketinggian ilmu manusia, masih ada kekuatan ilahiyah yang tidak selalu bisa dirasionalisasi oleh pencerapan dan ilmu pengetahuan manusia.
Baca Lainnya :
- Nilai Ketuhanan Harus Seimbang dengan Nilai Kemanusiaan0
- Enam Tahun MTsN 1 Bantul Istiqomah Mengawal Kegiatan Tadarus Guru Pegawai0
- Darma Wanita MTsN 1 Bantul Hadiri Pertemuan di MAN 3 Bantul0
- Kemenag Karawang Salurkan Bantuan ke Pesantren Miftahul Khoirot0
- SE MENAG Nomor 04 Tahun 20220
“Isra Mi’raj menunjukkan bahwa di balik kekuasaan manusia yang bersifat profan atau duniawi itu ada kekuasaan Allah, kekuasaan Tuhan yang bersifat ruhaniyah-ilahiyah atau divine power atau kekuasaan yang sakral,” tuturnya.
“Maknanya adalah siapapun baik itu manusia, sekelompok manusia, organisasi, bahkan negara, lebih jauh lagi antar negara yang memiliki kekuasaan duniawi, jangan menyalahgunakan kekuasaan karena di balik kekuasaan duniawi ada divine power, kekuasaan ilahi, kekuasaan sakral Allah Swt,” kata Haedar.
“Di atas langit masih ada langit. Maka manusia seyogyanya dengan kekuatan yang dimilikinya tetap rendah hati, tidak menyalahgunakan. Perang, penistaan, kezaliman dan segala bentuk kesewenang-wenangan itu terjadi karena kekuasaan manusia lepas dari kekuasaan ketuhanan,” tambahnya.
Makna kedua adalah makna diwajibkannya ibadah salat bagi umat muslim dalam peristiwa Isra Mi’raj. Menurut Haedar, ibadah salat memiliki dua dimensi pesan. Yakni hubungan manusia dengan Tuhan (habluminallah) dan hubungan manusia dengan manusia lainnya (habluminannas).
“Salat dan ibadah dalam Islam punya dimensi habluminannas yakni memberikan hubungan yang baik, damai, dan memberikan manfaat bagi kehidupan. Sehingga semakin banyak orang yang beribadah dengan baik, maka semakin baik kehidupan antara manusia, baik dalam hubungannya dengan lingkungan dan alam semesta,” ungkap Haedar Nashir.
“Dalam posisi ini, jadikan Isra Mi’raj dengan buah dari salat untuk membangun relasi kemanusiaan yang semakin baik tapi juga relasi ketuhanan yang semakin dekat. Sehingga manusia semakin damai dengan langit, tapi juga semakin damai dengan bumi. Artinya bangun kehidupan yang lebih baik, adil, damai, tenteram, aman, makmur serta hidup maju bersama sehingga kehidupan menjadi penuh makna,” tambahnya.
Makna ketiga menurut Haedar adalah dijalankannya dua risalah Nabi setelah Isra Mi’raj. Dua risalah itu adalah risalah menyempurnakan akhlak beserta risalah Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Dua risalah ini menurutnya mengandung makna bahwa Islam membangun peradaban sekaligus membangun keadaban.
Karena itu, dirinya berpesan agar umat muslim, tokoh agama, tokoh organisasi Islam senantiasa mencontoh akhlak mulia nabi dengan tutur-tindakan yang berkeadaban di dunia nyata ataupun di media sosial sembari menebar rahmat bagi lingkungan di mana dia berada.
“Jangan melakukan kebijakan yang membawa madarat, lebih-lebih atas nama agama. Agama harus difungsikan sebagai pencipta kebaikan dalam kehidupan,” kata Haedar.
“Maka bagi tokoh dan organisasi keagamaan, bawalah Islam betul-betul menjadi rahmat bagi semesta alam bukan hanya dalam retorika dan ujaran, tetapi dalam tindakan dan keteladanan. Kita umat beragama, para tokoh agama dan organisasi-organisasi keagamaan harus bisa menunjukkan sebagaimana Nabi Muhammad dengan uswah hasanah bahwa pilihan tentang kebenaran, tentang kebaikan dan tentang kepatutan hidup itu harus menjadi pancaran keberagamaan kita,” pungkasnya. (ppmuh/rpd)
