Makna Hari Bakti TNI AU, Teladani Generasi Pendahulu

By Aris Ginanjar Senin,01 Agu 2022, 09:13:12 WIB | 13 Kali Dilihat Berita Daerah
Makna Hari Bakti TNI AU, Teladani Generasi Pendahulu

Sleman (29/07/2022) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X turut menghadiri Upacara Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara pada Jumat (29/07). Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., bertindak sebagai inspektur upacara pada acara puncak peringatan yang dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta ini.

Dalam amanatnya, Fadjar mengungkapkan, para insan dirgantara saat ini mampu berdiri dengan tegap dan bangga, bahkan mampu memberikan prestasi yang membanggakan kepada bangsa dan negara. Semua itu dapat terwujud berkat pengorbanan yang kita teladani dari para pendahulu TNI AU.

Baca Lainnya :

“Kita sebagai insan dirgantara, sangat penting untuk terus mengenang peristiwa heroik ini, khususnya untuk senantiasa menumbuhkan semangat pengabdian para generasi penerus, dalam perjuangan yang berkelanjutan, guna memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesia,” ungkapnya.

Fadjar pun menuturkan, selaku KASAU, dirinya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AU atas perjuangan yang telah didharmabaktikan dengan ikhlas kepada bangsa dan negara Indonesia. Ia pun meminta kepada seluruh pihak untuk terus melanjutkan perjuangan di tengah masa pemulihan ekonomi nasional saat ini dengan semangat tinggi.

Ditemui usai upacara, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, tema peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU ialah ‘Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan’. Tema ini diangkat untuk mengingatkan misi keteladanan dalam tubuh TNI AU.

“Jadi kita mencoba menghubungkan semangat yang sudah dilakukan oleh para perintis, pejuang dan pahlawan Angkatan Udara untuk dilaksanakan oleh generasi penerus, menuju visi angkatan udara yang disegani di kawasan. Hal ini yang kita inginkan untuk terus dilestarikan,” paparnya.

Indan pun mengungkapkan, sebagai rangkaian acara peringatan Hari Bakti TNI AU, dilaksanakan pula acara wisuda purnawirawan perwira tinggi TNI AU. Purnawirawan yang diwisuda tahun ini berjumlah 64 orang, salah satunya ialah KASAU ke-21 Hadi Tjahjanto, yang di akhir masa baktinya menjabat sebagai Panglima TNI dan kini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Usai upacara, Gubernur DIY turut pula menyaksikan penampilan dan atraksi Drum Band Gita Dirgantara Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), serta defile tanda penghormatan kepada KASAU dan para mantan KASAU. (Rt/In/De)

HUMAS DIY




View all comments

Tulis Komentar


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.