Target dan Strategi Madrasah

By Aris Ginanjar 21 Sep 2022, 11:00:25 WIB | 562 Kali Dilihat

Target dan Strategi MAN 4 Bantul


A.Target

Adapun target yang ingin dicapai MAN 4 Bantul selama satu tahun pelajaran dijabarkan sebagai berikut:

1. Bidang Akademik

  • Bidang KSM mendapat 1 medali tingkat Nasional
  • Bidang KSN mendapat 1 medali tingkat Propinsi
  • Bidang OPSI dan MYRES mendapat 1 medali tingkat Nasional
  • Bidang LKTI mendapat 2 medali tingkat internasional

2. Bidang Non Akademik

  • Lomba MTQ mendapat 1 medali tingkat Nasional
  • Lomba Bela diri mendapat 5 medali tingkat Nasional
  • Lomba Seni mendapat 2 medsli tingkat Nasional

3. Pembelajaran

  • 95 % guru mengintegrasikan imtaq, iptek, dan budaya Indonesia dalam perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran
  • 95 % guru mengintegrasikan budaya literasi, cinta dan peduli terhadap lingkungan dalam perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran
  • 95 % guru menggunakan pendekatan scientifik, dengan model-model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran berbasis projek, dan model pembelajaran berbasis penemuan.

4. Sumber Daya Manusia

  • Seluruh warga madrasah mematuhi tata tertib dan peraturan yang berlaku
  • Karakter seluruh warga berakhlak mulia dan berbudaya Indonesia yang diaktualisasikan dalam perilaku sehari-hari
  • 95 % guru dan karyawan mengetahui tupoksinya

5. Kelembagaan

  • Menjadi sekolah Ramah Anak
  • Meraih peringkat tertinggi SNMPTKIN

B. Strategi

 Untuk mewujudkan Visi, Misi dan tujuan tersebut, MAN 4 Bantul melaksanakan strategi :

  1. Branding madrasah istimewa, prestasi sebagai tradisi diimplementasikan dengan mempersiapkan dan memperbanyak keikutsertaan lomba baik akademik maupun non akademik untuk siswa, guru dan pegawai;
  2. Mengembangkan komunitas riset siswa dan guru;
  3. Memperbanyak kegiatan keagamaan dan pembangunan masjid madrasah;
  4. Penambahan jam, pengayaan, intensif/Bimbingan Belajar dan pengembangan kompetensi pada mata pelajaran yang terkait dengan Asesmen Ketuntasan Minimal  dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi;
  5. Intensifikasi Program Remedial dan Pengayaan;
  6. Latihan Dasar Metodologi Ilmiah dan Penyusunan Karya Tulis Siswa;
  7. Studi Integratif dan field trip (studi lapangan) dengan waktu khusus;
  8. Menyelenggarakan Kegiatan Ekstrakurikuler OSN/KSM, KIR, Jurnalistik, Musik, Pramuka, PMR, Pencak Silat, home industry, qiro’ah dan hadroh;
  9. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;
  10. Meningkatkan prosentase alumni yang diterima di Perguruan Tinggi;
  11. Menyelenggarakan workshop untuk bapak/ibu guru dan karyawan;
  12. Mengikuti/menyelenggarakan MGMP tingkat madrasah/kabupaten/propinsi;
  13. Mengikutsertakan bapak/ibu guru dan karyawan dalam pendidikan dan pelatihan;
  14. Bekerjasama dengan beberapa pondok pesantren/panti asuhan;
  15. Mengintegrasikan nilai-nilai wirausaha dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan;
  16. Memasukkan muatan lokal KIR dalam struktur kurikulum;
  17. Memasukkan muhadatsah dan conversation dalam interaksi pembelajaran;
  18. Menyelenggarakan pembelajaran integratif;
  19. Meningkatkan layanan bimbingan dan konseling;
  20. Menyelenggarakan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT);
  21. Menyelenggarakan mujahadah dan do’a bersama;
  22. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pelajaran dan lagu nasional, madrasah disetiap akhir pembelajaran;
  23. Membiasakan sholat dhuhur berjamaah;
  24. Membiasakan sholat dhuha, tadarus dan asmaul husna;
  25. Menyelenggarakan pelatihan keagamaan bagi peserta didik;
  26. Menyelenggarakan program tahfidz dan baca tulis qur’an (BTQ);
  27. Menyelenggarakan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam);
  28. Menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban;
  29. Menyelenggarakan pesantren romadlon;
  30. Menyelenggarakan kegiatan ZIS (zakat, infak, sodakoh);
  31. Mengadakan pengajian rutin untuk bapak/ibu guru dan karyawan beserta keluarga;
  32. Mengoptimalkan tim go green madrasah untuk mewujudkan lingkungan yang asri;